• 13 Desember 2019

Bupati Blitar dan Kementan Salurkan Bantuan Pakan Jagung 400 Ton

BLITAR | PETAPORTAL – Permasalahan yang dihadapi peternak ayam petelur di Kabupaten Blitar akhirnya mendapat tanggapan serius dari Pemerintah Pusat dalam hal ini Kementrian Pertanian, dimana hingga kini harga telur murah dan harga jagung melambung tinggi sehingga menyebabkan peternak ayam petelur mengalami kerugian. 

Bupati Blitar Rijanto mengatakan, setelah pihaknya berkirim surat kepada Kementrian Pertanian, akhirnya untuk mengatasi masalah ini pada Jumat (09/11) siang secara resmi Kementan dalam hal ini diwakili oleh Direktur Perbibitan dan Produksi Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementrian Pertanian secara simbolis telah memberikan bantuan atau pinjaman pakan jagung sebanyak 400 ton yang dikirimkan secara bertahap.

“Ini masalah sudah lama terjadi, dan kita pun juga sudah berupaya berbagai cara agar peternak ayam petelur di Kabupaten Blitar bisa beraktivitas normal, produksi telur lancar dan menghasilkan keuntungan lebih. Dan kemarin kita secara pribadi sudah menyurati Kementan dan akhirnya hari ini sudah mendapat bantuan dari Kementan pakan jagung 400 ton,” terang Bupati Blitar Rijanto, Jumat (09/11/2018).

Bupati Rijanto mengaku, bantuan ini sifatnya pinjaman artinya Pemerintah Pusat telah mengambil keputusan untuk mengimpor jagung sebanyak 100 ribu ton, namun  hal itu memerlukan waktu yang cukup lama, sehingga Kementan membuat kebijakan untuk meminjam jagung terlebih dahulu, jika impor jagung sudah terealisasi maka jagung tersebut akan diganti. 

“Ini kan Pemerintah Pusat mengimpor jagung sebanyak 100 ribu ton, tapi kan itu butuh proses, jadi bantuan ini sifatnya pinjaman nanti akan diganti dengan jagung impor itu,” jelasnya.

Bupati Rijanto menegaskan, dengan adanya bantuan ini dipastikan dapat menyelesaikan permasalahan peternak ayam petelur untuk jangka pendek dan meminimalisir adanya peternak yang mengalami gulung tikar.

“Dengan adanya bantuan ini dipastikan dapat membantu masalah peternak ayam petelur Blitar, dan sangat membantu mereka,” ungkapnya.

Sementara itu Direktur Perbibitan dan Produksi Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementrian Pertanian Sugiono mengatakan, hal ini dilakukan sebagai bentuk perhatian dari Pemerintah terhadap masalah yang tengah dihadapi oleh peternak ayam petelur. Sugiono mengaku, untuk tahap pertama ada 1500 ton pakan jagung yang bakal disalurkan di tiga provinsi meliputi Jawa Timur, Jawa Tengah dan Jawa Barat dan ia memastikan penyaluran bantuan ini bisa mengatasi permasalahan peternak ayam petelur.

“Jatim termasuk Kabupaten Blitar itu merupakan pemasok terbesar telur, jadi kalau ada masalah seperti ini dampaknya sangat luar biasa, sehingga bantuan ini sangat membantu para peternak ayam petelur Blitar,” tegasnya.

Ketua Koperasi Peternak Unggas Sejahtera (Putera) Blitar Sukarman mengatakan, dengan adanya bantuan pakan jagung ini dipastikan dapat mengatasi permasalahan peternak ayam petelur di Kabupaten Blitar, dan usaha peternak ayam petelur tidak mengalami kerugian atau bahkan hingga gulung tikar.[ADV]

Read Previous

Bupati Rijanto, Buka Peluang Investasi Di Kabupaten Blitar

Read Next

Doa Untuk Pahlawan, Pemkab Blitar Nyekar Makam Pahlawan

Tinggalkan Balasan