Marhaenis, Harapkan Prosesi Upacara Tawur Kesanga Mampu Dongkrak Wisatawan

BLITAR | PETAPORTAL – Ribuan umat Hindu mengikuti Upacara Tawur Agung Kesanga di lapangan Kelurahan Wlingi Kabupaten Blitar. Upacara ini merupakan rangkaian perayaan Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1942 Tahun 2019.

Ribuan umat Hindu yang datang dari berbagai Kecamatan yang ada di Kabupaten Blitar ini mengikuti ritual upacara sebelum mereka melakukan Upacara Dharma Santi di Candi Penataran. Upacara kali ini mengambil tema “Dengan Perayaan Nyepi Kita Sukseskan Pemilu 2019”.

Wakil Bupati Blitar Marhaenis Urip Widodo secara resmi telah membuka upacara tawur kesanga parade Ogoh Ogoh dalam rangkaian ritual perayaan hari raya Nyepi. Marhaenis menjelaskan, ritual menjelang hari raya Nyepi ini sudah rutin dilakukan oleh umat Hindu di Kabupaten Blitar setiap tahunnya.

“Berbagai ritual pasti dilakukan oleh ribuan umat Hindu yang ada di Kabupaten Blitar, bahkan ini sudah menjadi agenda tahunan. Dimana sebelum juga sudah melakukan upacara Melasti di pantai jolosutro tepatnya pada Minggu lalu,” jelasnya, Rabu (06/03).

Kata Marhaenis, kegiatan ini menjadi destinasi wisata tahunan yang di tunggu oleh masyarakat. Sehingga, bisa mendongkrak jumlah wisatawan yang ada di Kabupaten Blitar. Selain itu, antusias masyarakat Blitar Raya dalam memeriahkan parade ogoh-ogoh ini bisa menjadi icon wisata baru di Kabupaten Blitar.

“Kegiatan seperti sudah digaungkan banyak orang, tidak hanya masyarakat Kabupaten Blitar saja tetapi juga masyarakat di luar daerah sekalipun. Kegiatan ini sudah menjadi destinasi wisata tahunan, sehingga berpotensi besar mendongkrak jumlah wisatawan yang datang ke Kabupaten Blitar tepatnya pada momen ini,” ungkapnya.

Wakil Bupati Marhaenis berharap, kegiatan seperti ini harus di pertahankan. Karena, kegiatan ini bentuk dari kerukunan, bentuk kebersaman, bentuk ke bhinekaan dan bentuk ke beragaman yang ada di Kabupaten Blitar.

“Saya berpesan, kegiatan ini harus dipertahankan, karena kegiatan ini merupakan bentuk kerukunan, kebersamaan antar umat beragama,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Upacara Tawur Kesanga Parade Ogoh Ogoh Yuliono mengatakan, tema yang diambil dalam peringatan hari raya Nyepi kali ini yakni “Dengan Perayaan Nyepi Kita Sukseskan Pemilu 2019”. Yuliono menjelaskan, ini membuktikan bahwa umat Hindu di Kabupaten Blitar mendukung segala acara yang diselenggarakan pemerintah seperti pemilu 2019 yang bakal digelar pada 17 April 2019. Ia mengaku, setiap ritual yang dijalani oleh umat Hindu ini merupakan wujud bakti cinta tanah air dan bangsa negara.

“Yang pasti segala ritual yang dilakukan ini merupakan sebagai wujud Bhakti umat Hindu kepada negara Indonesia. Artinya, kami umat Hindu mendukung dan berkomitmen untuk mensukseskan pemilu 2019. Saya pribadi berharap dalam penyelenggaraan pemilu 2019 bisa berjalan lancar, damai sejahtera,” katanya.[HMS/ADV]

Read Previous

Panen Raya Jagung, Wabub Berharap Mampu Penuhi Kebutuhan Stok Untuk Peternak

Read Next

Bupati Blitar Rayu Dubes Timteng Untuk Berinvestasi

Tinggalkan Balasan