• 21 November 2019

Partisipasi Pilkades Blitar Tembus 80 Persen

Wakil Bupati Blitar saat memeberikan suara di Pilkades serentak. Foto: alivia/petaportal

BLITAR | PETAPORTAL – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blitar telah meninjau sejumlah desa yang menggelar Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak 2019, Selasa (15/10). Ada beberapa tim yang diterjunkan untuk memantau jalannya Pilkades diwilayah barat, timur, selatan, dan utara. Bahkan ada juga tim yang dipimpin langsung oleh Bupati Blitar.

Pemantauan Pilkades tak hanya dilakukan saat hari H, melainkan juga jelang pelaksanaan untuk melihat kesiapan di TPS. Bahkan nanti akan dilakukan evaluasi pasca pelaksanaan Pilkades.

Ditemui disela-sela pemantauan, Bupati Blitar, Drs H Rijanto MM mengatakan, ada beberapa tim dari Pemda yang turun langsung untuk melakukan pemantauan, seperti tim yang dipimpin langsung Wakil Bupati maupun Sekretaris Daerah. Untuk tim yang dipimpinnya telah memantau disejumlah desa diwilayah barat, seperti Desa Kalipucung, Pakisrejo, Karanggayam, dan Kunir. “Alhamdulillah pelaksanaannya berjalan lancar. Bahkan tadi malam saya juga memantau dibeberapa desa, dan panitia terlihat siap menggelar Pilkades ini. Makanya ini bisa berjalan lancar dan tertib,” kata Bupati.

Bupati menuturkan, melihat antusias masyarakat yang mempunyai hak pilih pada Pilkades sangat luar biasa, pihaknya meyakini partisipasi pemilih bisa lebih dari 80 persen. Menurutnya, Pilkades ini berbeda dengan Pileg, Pilbup, maupun Pemilihan Presiden. Sehingga partisipasi pemilih bisa lebih baik. Ia berharap situasi berjalan kondusif, dan bisa melaksanakan demokrasi yang jujur adil serta menghasilkan pemimpin desa yang terbaik untuk desa.”Nah, ini yang perlu diapresiasi, dimana demokrasi tingkat desa adalah yang paling hebat, bagus, dan mendasar. Mereka antusias mencari pemimpin terbaik yang akan memipin desanya kedepan,” tandas Bupati.

Senada dengan Wakil Bupati Blitar, Marhaenis Urip Widodo saat ditemui usai menyalurkan hak pilihnya di Desa Bendosewu Kecamatan Talun yang menyatakan bahwa partisipasi pemilih pada Pilkades serentak ini sangat luar biasa. Ia mencontohkan seperti di Desa Bendosewu, dari jumlah pemilih mencapai 4.200, 4 ribu diantaranya terpantau telah hadir. Sementara sisanya memang tidak berada ditempat, ada yang keluar daerah dan ada yang menjadi TKI. “Saya sudah mendapat laporan kalau didesa lain partisipasi pemilih cukup tinggi. Harapannya pelaksanaan hingga selesai bisa berjalan lancar dan tidak ada masalah,” imbuhnya.[advetorial/alivia]

Read Previous

Alumni Diklatpim Diharapkan Jadi Percontohan

Read Next

Malam Coblosan Pilkades, Bupati Keliling Desa – Desa

Tinggalkan Balasan