• 21 November 2019

Pemkab Blitar Waspadai Kebakaran Gunung Butak

Bupati Blitar, Rijanto saat melakukan pengawasan secara langsung di kawasan Gunung Butak. foto: alivia/petaportal

BLITAR | PETAPORTAL – Memasuki puncak kemarau tahun ini, telah terjadi kebakaran hutan disekitaran Gunung Butak yang berada di area wisata sirah kencong desa ngadirenggo kecamatan wlingi.
Menindaklanjuti informasi tersebut, Bupati Blitar Drs. H. Rijanto MM didampingi Kepala BPBD, Plt. Kasat Pol PP, Purhutani KPH Blitar serta Muspika Kecamatan Wlingi melakukan pemantauan secara langsung di sekitaran lereng Gunung Butak atau area yang terdampak kebakaran.
“Setelah kita mendapat informasi tentang adanya kebakaran hutan di kawasan lereng gunung butak, akhirnya kita langsung mengecek ke lokasi. Karena dampaknya sudah dirasakan masyarakat Blitar,” jelas Bupati Blitar Rijanto.
Ia mengatakan, guna memastikan lokasi kebakaran termasuk berada di petak mana, dikarenakan wilayah Gunung Butak sesuai dengan informasi dari Perhutani bisa dikatakan termasuk wilayah KPH Blitar maupun Malang. Sampai saat ini terus dilakukan monitoring dengan semua pihak terkait untuk mengetahui perkembangan yang terkini, mengingat medan yang sulit dijangkau dengan kendaraan roda empat.
“Tujuan kita tinjau lokasi ini adalah untuk memastikan lokasi kebakaran ini masuk wilayah KPH Britar atau Malang. Tapi karena memang lokasi yang sulit dijangkau karena medan yang susah, sehingga kami memantau dari kejauhan dulu,” ujarnya.
Sehingga Pemerintah Kabupaten Blitar mengimbau kepada seluruh kalangan masyarakat terutama pada komunitas pencinta alam agar sementara waktu tidak melakukan kegiatan di sekitar terdampak atau mendekati zona terlarang.
“Ini yang paling penting saya menghimbau kepada seluruh masyarakat utamanya pecinta alam, agar sementara waktu tidak melakukan kegiatan atau aktivitas di lokasi terdampak atau zona terlarang,” imbuhnya.[alivia]

Read Previous

Mukhtar, Tokoh Muda Maju Pilkades Serentak Pasuruan

Read Next

Rijanto: Gelorakan Semangat Pemuda

Tinggalkan Balasan