• 13 Desember 2019

Rijanto Siap Fasilitasi IKM Karang Taruna

BLITAR | PETAPORTAL – Jambore Karang Taruna 2018, tingkat Kabupaten Blitar, resmi dibuka di Bumi Perkemahan Serut, Desa Darungan, Kecamatan Kademangan, kemarin.
Kegiatan itu, dibuka langsung oleh Bupati Blitar Rijanto dan diikuti oleh perwakilan Forum Karang Taruna (FKT) di masing-masing kecamatan, se Kabupaten Blitar. Selain berbagai kegiatan tentang karang taruna, pada kegiatan itu juga digelar bazar dengan memamerkan produk unggulan dari Karang Taruna di masing-masing kecamatan.

Bupati Rijanto mengaku kaget dan kagum, ternyata karang taruna juga memiliki produk unggulan. “Ternyata karang taruna juga memiliki Industri Kecil Menengah (IKM) yang menghasilkan produk unggulan, saya sangat kagum dan mengapresiasi mereka,” ungkapnya.

Beberapa produk unggulan yang dihasilkan oleh IKM Karang Taruna, yakni kerajinan tangan berupa sapu duk, topi sepet, tas dari limbah kertas dan plastic, hiasan ukir buah-buahan, minuman kesehatan tradisional dan lainnya. Terkait hal itu, pihaknya mengaku siap memfasilitasi dan mendampingi aktivitas Karang Taruna dibidang IKM. “Kami akan evaluasi dan akan mendampingi agar mereka bisa menggeluti IKM, karena dari IKM mereka bisa menghasilkan produk unggulan,” ujarnya.

Untuk itu, pihaknya meinta agar instansi terkait, untuk ikut mendampingi program Karang Taruna. Sebab, selama ini kegiatan yang dilakukan Karang Taruna sangat positif. Mulai dari kegiatan ditengah masyarakat ditingkat desa, hingga ikut membangkitkan IKM di Kabupaten Blitar, yang bisa menghasilkan produk unggulan. “Hal ini sesuai dengan visi misi Kabupaten Blitar, bela dan beli produk blitar,” jelasnya.

Terkait hal tersebut, rencananya Jambore Karang Taruna akan dijadikan agenda rutin tahunan. Tahun ini, merupakan tahun kedua digelarnya Jambore Karang Taruna di Kabupaten Blitar. Banyak manfaat ketika pemuda bergabung Karang Taruna, sebab melalui Karang Taruna bisa mengembangkan diri dan ikut membantu semua kegiatan sosial dan kemasyarakatan, serta menambah wawasan dan pengetahuan tentang kepemudaan dan bisa menambah ketrampilan dibidang produksi. “Banyak sekali manfaatnya, untuk itu kedepan kami minta di masing-masing desa dan kecamatan harus menggiatkan Karang Taruna,” harapnya.[ADV]

Read Previous

Doa Untuk Pahlawan, Pemkab Blitar Nyekar Makam Pahlawan

Read Next

Pemkab Blitar Gelar Jambore Karang Taruna

Tinggalkan Balasan