• 21 November 2019

Tukar Ilmu Komda Lansia Denpasar dan Blitar

Ketua Harian Komda Lansia, Suwandito saat memberikan sambutan di Pemkot Denpasar

DENPASAR | PETAPORTAL – Komisi Daerah Lanjut Usia (Komda Lansia) mengelar acara kunjungan kerja di kota Denpasar, Bali. Kunjungan Komda Lansia Blitar ini sebagai bagian dari peningkatan penanganan komisi daerah untuk pelayanan terhadap orang lanjut usia di wilayah Kabupaten Blitar.

Dalam sambutanya, Ketua Harian Komda Lansia, Kabupaten Blitar, Suwandito menjelaskan jika kedatangan kunjungan di kota denpasar ini sebagai salah satu bagian untuk meningkatkan pelayanan bagi lansia di wilayah kabupaten Blitar. Komisi daerah lansia Blitar di harapkan agar memaksimalkan kunjungan kerja di Denpasar untuk menyerap ilmu yang dimiliki oleh Komda setempat. Diharapkan dengan adanya kunjungan ini Komda Lansia Kabupaten Blitar akan semakin baik dalam melakukan penanganan terhadap permasalahan lansia. “Kami berharap agar apa yang dilakukan oleh Komda Blitar dalam kunjungan kerja dapat dilakukan secara maksimal untuk mendapatkan pandangan mengenai pengelolaan lansia melalui pengurus Komda yang telah terbentuk,” katannya saat membuka acara kunjungan kerja.

Suwandito berharap kunjungan pengurus Komda Blitar dapat menambah motivasi serta dapat memberikan ruang penyegaran dalam melakukan penanganan terhadap para Lansia. Dalam kunjungan kali ini lanjut Suwandito pihaknya mengajak seluruh pengurus yang terdiri dari kepala OPD dan beberapa tokoh masyarakat yang terlibat dalam kepengurusan Komda.

Kunjungan Komda Lansia Blitar sendiri di terima oleh Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra, I Made Thoyan Pemkot Denpasar di ruang rapat utama. Didalam sambutanya, mengatakan jumlah penduduk 800 rb lebih. Jumlah tersebut masuk kategori lansia sekitar 40 ribuan.

Komda Denpasar melakukan berbagai kegiatan diantaranya dengan mengelar event khususnya pada acara halun. Selian itu juga melakukan pemberdayaan lansia melalui pemberdayaan lansia yang dilaksanakan di setiap banjar di desa dan kelurahan. Semisal kegiatan yang dapat menyenangkan para lansia diantaranya lomba joget, lomba kecak, sehingga para lansia memiliki perasaan senang. “Kami selalu melakukan pembinaan dengan memberikan ruang kebahagiaan bagi lansia di wilayah Denpasar,” tuturnya.

Dia menambahkan setiap bulan untuk lansia di Kota Denpasar mendapatkan bantuan uang sebesar Rp 200 rb setiap bulan selama satu tahun. Pemberian bantuan ini untuk menyenangkan para lansia. Selain itu juga memberikan uang perlindungan lansia sebesar Rp 500 ribu setiap lansia yang dikuatkan dengan peraturan walikota untuk tahun 2020. Untuk memaksimalkan lansia di Denpasar juga berupaya dengan mengandeng kerja bersama. Sehingga lansia akan mendapatkan pendapatan setara dengan UMR kota Denpasar sebesar Rp 2,8 juta setiap bulan.

Komda Lansia Denpasar juga memiliki satu fasilitas yang hanya ada di Denpasar hasil kerjasama dengan pemerintah Finlandia dengan membuka tempat penitipan lansia. Tempat ini nantinya dapat digunakan bagi lansia untuk melakukan berbagai aktifitas mulai dari menyanyi, olah raga, dan berbagai kegiatan lainya yang dapat menyenangkan para lansia di kota Denpasar. [avian]

Read Previous

Kofifah : Waspadai Bangunan Sekolah Memasuki Musim Hujan

Read Next

Hormat Bendera Saat Hari Pahlawan, Bocah Ini Dapat Penghargaan Dari Wabub Marhaenis

Tinggalkan Balasan