• 27 Februari 2020

Upacara HKN Ke 55, Wabub Blitar Ingatkan Peningkatan Pelayanan Kesehatan

Wakil Bupati Blitar Marhaenis saat menandatangani rekomendasi pelayanan kesehatan. Foto: avian/petaportal

BLITAR | PETAPORTAL – Pemerintah Kabupaten Blitar menggelar upacara dalam rangka Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-55 di Alun-alun Kanigoro, Selasa (12/11). Upacara yang dilaksanakan pagi hari itu dipimpin langsung oleh Wakil Bupati Blitar, Marhaenis Urip Widodo. Dalam sambutannya, Wabup telah memberikan sejumlah pesan, baik kepada tenaga kesehatan maupu masyarakat.
“Kita tentu berharap agar rangkaian kegiatan dalam peringatan HKN ini bermanfaat untuk seluruh masyarakat, dan menjadi ajang mensosialisasikan kegiatan-kegiatan yang telah dan akan dilaksanakan untuk mewujudkan masyarakat Kabupaten Blitar yang sehat,” ujarnya.
Selain itu, Wabup juga berharap kepada seluruh tenaga kesehatan yang ada di Kabupaten Blitar agar selalu memupuk rasa kebersamaan dalam meningkatkan kualitas SDM kesehatan, cepat dan tanggap terhadap setiap masalah kesehatan masyarakat yang muncul, serta memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat.
“Nah sesuai tema HKN kali ini, yaitu Generasi Sehat Indonesia Unggul, selain dimaknai sebagai puncak dari upaya bersama seluruh pemangku kepentingan pembangunan kesehatan, juga dimaknai dengan kesiapan bidang kesehatan untuk terlibat aktif dalam pembangunan berikutnya yang menitikberatkan pada aspek sumber daya manusia. Karena diyakini SDM yang sehat akan membawa keunggulan bangsa,” tandasnya.
Wabup menuturkan, pembangunan kesehatan yang merupakan pelaksanaan amanat Undang-undang Dasar 1945 telah mencapai hasil yang mnggembirakan. Pembangunan kesehatan telah berkontribusi dalam pembangunan manusia dengan meningkatnya indeks pembangunan manusia dan usia harapan hidup.
“Jadi meningkatnya indeks pembangunan masyarakat (IPKM) adalah bukti nyata capaian pembangunan kesehatan kita, diantaranya menurunnya angka balita stunting, menurunnya angka kematian ibu, dan menurunnya angka kematian nasional,” tandasnya.
Wabup menambahkan, strategi pembanguanan kesehatan yang dibangun melalui tiga pilar, yakni paradigma sehat, penguatan akses pelayanan kesehatan dan penyediaan biaya melalui jaminan kesehatan nasional melalui program gerakan masyarakat hidup sehat (Germas) dan program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS-PK), maka bersama seluruh komponen kesehatan baik lintas program mapun sektor, serta dengan beragam tantangan dan rintangannya telah berhasil menyelesaikan beberapa masalah-masalah kesehatan untuk mewujudkan sumber daya manusia yang sehat.
“Hal itu menunjukkan dengan bekerja keras maka akan mampu mempersiapkan generasi sehat untuk Indonesia Unggul pada tahun 2045,” imbuhnya.[avian]

Read Previous

Hormat Bendera Saat Hari Pahlawan, Bocah Ini Dapat Penghargaan Dari Wabub Marhaenis

Read Next

Buruknya Dugaan Pengelolaan Catatan Keuangan Pasar Bumdes Ngopak

Tinggalkan Balasan